penelitian penyuluhan

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

 

1.1. Latar Belakang Penelitian

Pada saat ini kebutuhan setiap orang akan teknologi computer semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya program  aplikasi yang dapat membantu  pencapaian efektivitas kerja. Hal ini menunjukan bahwa komputer sangat penting bagi suatu perusahaan maupun dipemerintahan dan diperkantoran. Demi menunjang untuk mempelancar tugas kerja suatu intansi,organisasi, atau perusahaan dimana sekumpulan data diolah menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pimpinan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan yang tepat maka setiap intansi, organisasi dan pemerintahan.

Bagi kecamatan dan kelurahan sendiri banyak hal yang diharapkan dari penggunaan program aplikasi yang salah satunya adalah meningkatnya efektivitas ketua Rt dan Rw. Karena, dengan meningkatkan efektivitas ketua Rt dan Rw banyak hal yang akan didapat oleh kecamatan dan kelurahan yaitu :

1) Efisiensi waktu dari setiap pekerjaan;

2) Hasil pekerjaan menjadi lebih baik, baik kualitas maupun kuantitas.

Kurangnya kerjasama antara Kecamatan dan Kelurahan dengan ketua Rt dan Rw karena penerapan program aplikasi akan mengakibatkan menurunnya efektivitas kerja karyawan terjadi di kecamatan dan kelurahan. Kecamatan Medan Satria adalah Komisi Pemilihan ketua Rt dan Rw. Suatu badan pemerintahan yang  menagani tata cara pemilihan ketua Rt,Rw dan sekalig mengatur suatu pencalonan pemimpin maupun calon-calon pemerintahan lainya sehingga hak pilih rakyat sangat dibutuhkan untuk memilih calon ketua Rt dan Rw di wilayah kecamatan medan satria

Sebelum diterapkannya program aplikasi pemilihan ketua Rt dan Rw ini data-data yang diterima dari kelurahan diolah secara manual dengan menggunakan Excel sehingga menyebabkan pengolahan data tidak efektif dan memakan waktu yang lama sehingga membuat efektifitas kerja panitia TPS  Medan Satria kura ng optimal

Aplikasi  yang  digunakan  oleh  petugas  TPS  adalah  program  aplikasi pemilu   yang  berfungsi  untuk   mengelola  dan  menyimpan  data  pendaftaran penduduk dan pemilih Ketua Rt dan Rw di Kecamtan Medan Satria sehingga memberikan informasi secara cepat tepat dan akurat dapat tercapai.

Fenomena  yang  terdapat  di  kantor  Perusahaan  TPS  Medan Satria,  adalah adanya indikasi sudah optimalnya Program Aplikasi pemilihan Ketua Rt dan Rw yang digunakan TPS Medan Satria dalam upaya  memudahkan petugas untuk bekerja. Kondisi optimalnya Program Aplikasi Pemilihan yang saat ini digunakan adalah bahwa Program Aplikasi Pemilihan ketua Rt dan Rw tersebut sudah baik, dengan menggunakan Aplikasi Program pimilihan ketua Rt dan Rw tersebut di TPS Kota Bekasi dapat berjalan dengan lancar.

Pada dasarnya program aplikasi pemilihan ketua Rt dan Rw sudah berjalan dengan baik, dengan begitu TPS yang menggunakan program aplik asi tersebut akan lebih mudah dalam mengolah data-data yang ada. Aplikasi yang telah berjalan dengan baik sepatutnya dapat menimbulkan pekerjaan yang baik pula dari petugas TPS. Namun apakah program aplikasi tersebut dapat membuat efektifitas petugas TPS meningkat atau tidak, hal itu  yang belum bisa dipastikan.  Dikarenakan belum adanya alat ukur mengenai program aplikasi pemilu apakah akan berdampak baik bagi efektifitas petugas TPS. Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik mengambil judul Pengaruh Program Aplikasi Pemilu Terhadap Efektivitas Kerja petugas pada kecamatan Medan Satria di Kota Bekasi

1.2. Identifikasi Masalah Dan Rumusan Masalah

 

Berdasarkan latar belakang penelitian yang telah dikemukakan, maka yang menjadi masalah pokok penelitian ini yaitu masih terdapatnya data pemilih ganda yang terjadi di TPS Bekasi kecamatan Medan Satria dikarenakan proses pengolahan data masih menggunakan Excel.

1.2.1.  Rumusan Masalah

Berdasarkan permasalahan yang sudah di identifikasi, maka  rumusan masalahnya sebagai berikut :

  1. Bagaimana P rogram Aplikasi Database pemlihan ketua Rt dan Rw yang berjalan pada kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.
  2. Bagaimana tanggapan petugas TPS terhadap  Program Aplikasi Pemilihan pada kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.
  3. Seberapa besar pengaruh Program Aplikasi Pemilihan terhadap Efektivitas kerja Petugas TPS pada kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.
  4. Bagaimana tanggapan Karyawan terhadap  Efektivitas Kerja kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.

 

1.3.  Maksud Dan Tujuan Penelitian

Peneliti ini dimksudkan untuk menganlisa secara Deskriptif mengenai fenomena-fenomena tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan pengaruh Program Aplikasi Pemilu terhadap para Karyawanya nya, serta yang mempengaruhi terhadap Efektivitas Kerja petugas TPS dikecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat

1.3.1. Maksud Penelitian

Penelitian ini bermaks ud   untuk mendapatkan data dan Informasi pada pemilihan terhadap Efektivitas Kerja petugas TPS dikecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat antara lain sebagai berikut:

1. Untuk memperoleh dan mengumpulkan data atau keterangan yang Relevan dan akurat dengan permasalahan yang akan diteliti.

2.Melakukan analisis terhadap Program Aplikasi Pemilu yang sedang berjalan pada suatu instansi pemerintahan khususnya pada pemilu terhadap Efektivitas Kerja petugas TPS dikecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.

3.Sebagai salah satu penyusunan tugas penelitian yang akan dipertimbangankan sebagai laporan tugas.

1.3.2. Tujuan Penelitian

Penulis menjelaskan tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah:

1.Untuk mengetahui Program Aplikasi Database Pemilu yang berjalan pada kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.

2.Untuk mengetahui tanggapan petugas TPS terhadap  Program Aplikasi

3.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Program Aplikasi Pemilu terhadap Efektivitas Kerja petugas TPS pada kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat

4.Untuk mengetahui tanggap an Karyawan terhadap Efektivitas Kerja petugas TPS pada kecamatan Medan Satria Kota Bekasi Barat.

 

About okesofyan

saya belajar terus menur untuk mencapai impian

Posted on 30/12/2011, in penelitian. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: