Diversifikasi konglomerat, product life cycle, hubungan product life cycle dengan profit perusahaan, Growth market share matrix

Conglomerate Diversification

Conglomerate Diversification; Ketika suatu perusahaan menambah suatu produk atau layanan baru yang tidak terkait/ berhubungan dengan yang sekarang ada, maka strategi tersebut disebut sebagai diversifikasi konglomerat. dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan melalui aktivitas memecah perusahaan yang telah dibeli atau menjual kembali salah satu atau lebih devisinya.

Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)

Siklus hidup produk merupakan konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu program yang dihasilkan dan ditawarkan oleh lembaga kursus dan pelatihan.

Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini yaitu suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar sampai dengan ditarik dari pasar . Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) ini merupakan konsep yang penting dalam pemasaran karena memberikan pemahaman yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk.

Kegunaan dari siklus hidup produk ( Product Life Cycle) yaitu

A.    Tahap perkenalan (introduction); pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.

B.     Tahap pertumbuhan (growth); Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat.

C.     Tahap kedewasaan (maturity); Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap.

D.    Tahap kemunduran (decline); Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru.

Hubungan Product Life Cycle dengan Profit Perusahaan

Pandangan Wilson yang mengungkapkan hubungan sederhana faktor-faktor yang membentuk profit suatu perusahaan tersebut memberi dorongan yang kuat kepada perusahaa untu melakukan pengembangan produk, serta menggarisbawahi pentingnya  suatu produk untuk menunjang terbentuknya  profit perusahaan dan menghubungkan tujuan Riset dan Pengembangan untuk secara terus menerus melakukan pengembangan produk. Menurut Wilson (1983:450), suatu produk baru bukan berarti produk yang benar-benar baru yang menggantikan produk lama di pasaran tetapi bisa juga merupakan produk lama yang dimodifikasi, dikembangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Philip Kotler (1994: 316) menyatakan bahwa, “ New products for our purposes will  include original products, improved products, modified products and new brands that the firm develops through its own R&D effort. We will also be concerned  with whether consumers  see them asnew’.”

Growth market share matrix

     Jawaban:

Growth Share Matrix memiliki 4 sel yg menggambarkan 4 kombinasi yg memungkinkan dari tinggi rendahnya pertumbuhan & pangsa pasar yg terdiri dari:

– Question Marks. Strategi mengembangkan pangsa pasar, strategi divest, strategi harvest.

– Stars

– Cash Cow: Strategi mempertahankan pangsa pasar.

– Dogs .Strategi divest, strategi harvest.

About okesofyan

saya belajar terus menur untuk mencapai impian

Posted on 21/11/2011, in menejemen pemasaran. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: