Timbangan Digital

TIMBANGAN DIGITAL

A.    TIMBANGAN DIGITAL BAGI ORANG AWAM

Mungkin bagi orang awam, timbangan digital tidak seberapa mengerti dan membutuhkan, namun yang kita bicarakan sekarang adalah timbangan digital segmen ritel (Price Computing Scale) yaitu timbangan yang digunakan untuk membantu mengukur berat serta mengkalkulasikan secara otomatis harganya dengan dasar harga satuan.  Contoh yang paling gampang bisa Anda pergi ke toko buah, beli apel 5 biji lalu kita masukan plastik lalu di timbang dan ditempel label harga waktu di kasir nanti di scan barcodenya maka akan terkakulasikan secara otomatis.

Begitu kurang lebih gambaran cara kerja timbangan digital (Price Computing Scale). Namun sebetulnya tidak semua timbangan digital  (Price Computing Scale) bisa mengeluarkan label barcode, ada juga yang hanya terdispaly di layar LCD nya. Tentunya timbangan digital yang bisa mengeluarkan label dijual dengan harga yang lebih mahal dari pada yang tidak. namanya juga lebih canggih.Nah, sesuai dengan judul kita bahas Timbangan Digital yang bisa kalkulasikan harga secara otomatis yang cocok untuk UKM artinya secara budget terjangkau untuk kalangan pengusaha kecil dan menengah.

Berikut ini ada beberapa tipe referensi yang lumayan terjangkau dan sudah banyak dipakai oleh rital rital mini market sampe ritel besar. bagi yang sering berbelanja di Indomaret ataujuga Alfamart tentu menjumpainya.

Timbangan Penghitung harga dan berat yang sangat cocok untuk segmen ritel UKM.Tipe diatas adalah DIGI DS88O yang paling banyak di jumpai di gerai gerai mini market di Indonesia, selain harganya yang sangat terjangkau fiturnya lumayan standar untuk membantu transaksi di usaha eceran skala kecil, kapasitasnya bisa sampai 15 bahkan 30 kilogram, juga bisa di operasikan tanpa listrik atau menggunakan baterai, sungguh portable ringan, misalnya untuk usaha sayuran ikan daging untuk pedagang kaki lima ini cocok dimana tidak ada saluran listrik.

Salah satu aplikasi timbangan untuk bua Jika satu kilo jeruk harganya Rp 12.000.- kita beli 4 buah lalu kita timbang beratnya 800 gram maka kita tidak perlu pusing pusing ambil kalkulator karena kita bisa langsung lihat di display harga total yang keluar untuk 800 gram jeruk tadi sampai ke digit yang kecil, langsung di dispaly tertera Rp 9.600.-  gampang kan.

Mungkin untuk tipe lainnya yang lebih bagus karena ada display tiangnya adalah tipe DS788, bagi pelanggan lebih terlihat jelas angka totalnya Fitur Display dengan tiang lebih memudahkan pelanggan membaca angkanya

Selain buah buahan timbangan timbangan ini bisa di aplikasikan untuk bidang usaha lainnya seperti berjualan ikan, daging, sayur, kue kering, bahan kue, rempah dan bumbu, keperluan dapur lainnya, bahkan sampai jual kain kiloan banyak yang menggunkannya.

Harganya memang relatif sangat murah untuk klasifikasi timbangan jenis ini apalagi DIGI adalah merek yang lumayan terkenal di segmen timbangan ritel, beberapa outlet seperti Carrefour dan lainnya memakai merek ini di beberapa outletnya. Untuk segmen yang lebih tinggi lagi dimana dibutuhkan timbangan yang lebih bisa menyajikan informasi yang bisa integrasi dengan mesin kasir dan data stok tentunya yang bisa mengeluarkan label harga barcode, dan mungkin dari sisi harga DIGI memang lumayan murah dari beberapa merek terkenal lainnya

DIGI SM-100 Timbangan digital untuk ritel yang bisa mengeluarkan label barcode yang nantinya dibaca di mesin kasir

Tinggal disesuaikan dengan budget usaha Anda tentunya dan seberapa besar kebutuhan detail Anda melayani pelanggan, karena pelanggan seringkali juga mempertimbangkan takaran ke akurasian tools usaha Anda, karena ini menyangkut kepercayaan pelanggan pada imej usaha yang Anda kembangkan untuk masa mendantang..Untuk settingan timbangan digital ini tentunya tidak semua software kasir yang bisa support karena ada alghoritma tersendiri dari pola baca barcodenya yang membedakan dengan barcode biasa produk lainnya. mungkin ini akan kita bahas di segmen lainnya. Salah satu software kasir yang support yaitu . Biasanya simbologi barcode yang digunakan kebanyakan adalah EAN dan UPC. Semoga referensi ini bisa bermanfaat bagi pengembangan usaha Anda,  Ditulis Tim Mesin Kasir Online (Untuk info produk-produk timbangan diatas dan mereklainnya.

B.    Timbangan digital untuk balita [permalink]

Pembuatan tugas akhir ini didasarkan dari kepedulian terhadap balita. Alat ini dirancang untuk memudahkan petugas pelayanan kesehatan dalam pengambilan data berat badan balita, serta mengurangi resiko yang terjadi saat menggunakan timbangan tradisional. Timbangan digital ini menggunakan sebuah mikrokontroler yang berfungsi mengatur beberapa komponen seperti LCD (Liquid Crystal Display), ADC (Analog to Digital Converter), keypad, ISD25120 (Voice Chip), dan MAX-232. Data berat badan balita diambil melalui sebuah sensor berat (load cell). Timbangan ini dilengkapi dengan sebuah keypad untuk memasukkan data umur balita, sebuah IC suara yang dapat memainkan sebuah lagu, serta fasilitas untuk komunikasi dengan komputer. Berdasarkan pengujian, proses pengambilan data berat badan balita menggunakan timbangan digital ini lebih cepat dan lebih praktis daripada timbangan tradisional, hal ini disebabkan karena tampilan berat badan balita dapat di-capture pada LCD, dan petugas tidak perlu membawa grafik klasifikasi berat badan. Timbangan digital ini memiliki ketelitian 100gr, rata-rata error pada input ADC sebesar 0,05%, dan dapat dihubungkan ke komputer untuk pemrosesan data lebih lanjut.

C.     Timbangan Digital Untuk Ritel (Price Computing Scales)

      Ada beberapa jenis timbangan (scales) diantaranya weighing scale (Hanya untuk menimbang berat saja) biasanya ada yang analog dan kini ada yang digital scales, ada computing scales biasayanya untuk menimbang satuan barang, ada yang namanya Platform Scales untuk menimbang barang yang besar dan ada yg biasa kita jumpai di toko toko supermarket dan mini market yaitu Price Computing Scales. Price Computing Scales digunakan untuk menghitung dengan mudah berapa nilai barang yang ditimbang dengan dasar memasukan harga satuannya misal harga per kilo atau harga per ons (100Gr), misal harga per kg Rp 20.000. maka bila beratnya ditimbang 400grm harga yang keluar adalah Rp 8,000. Price Computing Scales sendiri ada 2 macam yaitu timbangan dengan label barcode dan timbangan tanpa label alias menimbang dan mengitung harga tanpa mencatak label barcode, gambar diatas adalah tipe FX50 dari Avery Berkel bisa menimbang berat dan mengkalkulasikan secara otomatis harga barang namun tidak mengeluarkan label. Sedangkan yang dibawah ini adalah tipe terbaru dari Avery Berkel yang bisa sekaligus mencetak label dalam bentuk barcode.Tipe diatas merupakan seri terbaru dari Avery Berkel yang dilengkapi dengan koneksi Wi Fi sangat memungkinkan perubahan data di remote dari PC dengan kisaran harga yang murah kini Avery Berkel siap melengkapi usaha Anda, biasayan Anda yang dalam usaha secara langsung maupun tidak terlibat dalam kegiatan timbang menimbang maka perlu mempertimbangkan produk ini. Avary Berkel Sendiri sudah sangat populer di dunia timbangan terutama di timbangan timbanagan industri seperti truck dan heavy duties.
D.    Timbangan Digital Untuk Ritel (Price Computing Scales)

Ada beberapa jenis timbangan (scales) diantaranya weighing scale (Hanya untuk menimbang berat saja) biasanya ada yang analog dan kini ada yang digital scales, ada computing scales biasayanya untuk menimbang satuan barang, ada yang namanya Platform Scales untuk menimbang barang yang besar dan ada yg biasa kita jumpai di toko toko supermarket dan mini market yaitu Price Computing Scales

Price Computing Scales digunakan untuk menghitung dengan mudah berapa nilai barang yang ditimbang dengan dasar memasukan harga satuannya misal harga per kilo atau harga per ons (100Gr), misal harga per kg Rp 20.000. maka bila beratnya ditimbang 400grm harga yang keluar adalah Rp 8,000

        Price Computing Scales sendiri ada 2 macam yaitu timbangan dengan label barcode dan timbangan tanpa label alias menimbang dan mengitung harga tanpa mencatak label barcode, gambar diatas adalah tipe FX50 dari Avery Berkel bisa menimbang berat dan mengkalkulasikan secara otomatis harga barang namun tidak mengeluarkan label. Sedangkan yang dibawah ini adalah tipe terbaru dari Avery Berkel yang bisa sekaligus mencetak label dalam bentuk barcode

Tipe diatas merupakan seri terbaru dari Avery Berkel yang dilengkapi dengan koneksi Wi Fi sangat memungkinkan perubahan data di remote dari PC

denga kisaran harga yang murah kini Avery Berkel siap melengkapi usaha Anda, biasayan Anda yang dalam usaha secara langsung maupun tidak terlibat dalam kegiatan timbang menimbang maka perlu mempertimbangkan produk ini. Avary Berkel Sendiri sudah sangat populer di dunia timbangan terutama di timbangan timbanagan industri seperti truck dan heavy duties.

About okesofyan

saya belajar terus menur untuk mencapai impian

Posted on 14/11/2011, in Alat ukur. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: